Rabu, 29 Mei 2013

Biota Laut

1.    Lamun
Lamun (seagrass) meru¬pakan satu-satunya tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang memiliki dan memiliki rhizoma, daun, dan akar sejati yang hidup terendam di dalam laut beradaptasi secara penuh di perairan yang salinitasnya cukup tinggi atau hidup terbenam di dalam air, beberapa ahli juga mendefinisikan lamun (Seagrass) sebagai tumbuhan air berbunga, hidup di dalam air laut, berpembuluh, berdaun, berimpang, berakar, serta berbiak dengan biji dan tunas. Jenis-jenis lamun yang terdapat di Pulau Barrang Lompo adalah sebagai berikut :
a.    Enhalus acoroides
Ujung daun membulat kadang-kadang terdapat serat-serat kecil yang menonjol pada waktu muda,tepi daun seluruhnya jelas, bentuk garis tepinya seperti melilit, tumbuh diperairan dangkal dengan substrat berpasir dan  berlumpur atau kadang-kadang diterumbu karang.
Klasifikasi :
Kingdom    : Plantae
Divisi    : Spermatophyta
Class    : Liliopsida
Ordo    : Hydrocharitales
Family    : Hydrocharitaceae
Genus    : Enhalus
Spesies     : Enhalus acoroides
b.    Thalassia hemprichii
    Helaian daun berbentuk pita, terdapat sepuluh sampai tujuh belas tulang-tulang daun yang membujur, pada helaian daun terdapat ruji-ruji hitam yang pendek, ujung dauunya membulat, tidak terdapat ligula, tumbuh didaerah substrat berpasir dan berlumpur, dan kadang-kadang di terumbu karang.
Klasifikasi :
Kingdom    : Plantae
Divisi     : Spermatophyta
Class    : Liliopsida
Order    : Alismatales
Family    : Hydrocharitaceae
Genus    : Thalassia .
Spesies     :Thalassia hemprichii
c.    Cymodocea rotundata
    Memiliki rizhoma yang halus dan bersifat herbaceous, tunas pendek dan tegak lurus pada setiap node, helaian  daunnya berkembang baik dan berwarna ungu muda, ujung daunnya licin (halus) membulat dan tumpul dan terkadang berbentuk seperti hati, terdapat lingula.
Klasifikasi :
Kingdom    : Plantae
Divisi    : Spermatophyta
Class    : Liliopsida
Order    : Alismatales
Family    : Cymodoceaceae 
Genus    : Cymodocea
Spesies     : Cymodocea rotundata
d.    Halophila ovalis
    Seperti tanaman semanggi, daunnya memiliki sepasang tangkai, daunnya mempunyai 10-25 pasang tulang daun yang menyilang, bagian tepi daun halus, rhizomanya tipis mudah dan halus, permulaan akarnya berkembang baik di pangkal pada setiap tunas.
Klasifikasi :
Kingdom    : Plantae
Divisi    : Spermatophyta
Class    : Liliopsida
Order    : Alismatales
Family    : Hydrocharitaceae
Genus    : Halophila
Spesies     : Halophila ovalis
e.    Syringodium isoetifolium
Rhizomanya tipis dan bersifat herbaceous, pada setiap node terdapat tunas tegak yang terdiri dari dua sampai tiga helai daun, daun-daunnya dengan mudah dikenali, daunnya berbentuk silindris, terdapat ligula.
Klasifikasi :
Kingdom: Plantae           
Divisi : Spermatophyta
Class: Liliopsida
Order: Alismatales
Family: Cymodoceaceae
Genus: Syringodium
Spesies :   Syringodium isoetifolium
2.     Kerang Kima Tridacna maxima
Kima termasuk dalam kelas Bivalvia, suatu kelompok hewan bertubuh lunak yang dilindungi sepasang cangkang bertangkup. Bernapas dengan insang yang bentuknya seperti lembaran yang berlapis-lapis. Alat gerak berupa kaki perut yang termodifikasi untuk menggali pasir atau dasar perairan. Beberapa jenis, melekatkan diri pada substrat berbatu dengan semacam rambut atau organ yang disebut byssus.
Cangkang kima terbagi menjadi beberapa lekukan atau lipatan (folds). Punggung  lipatan di permukaan cangkang biasanya berbentuk seperti tulang rusuk sehingga sering disebut rib. Pada kima sisik, kima lubang dan kima Mauritius, tiap punggung lipatan memuat sebaris lempeng-lempeng berbentuk setengah mangkok yang disebut sisik (scutes). Sisik ini dulunya adalah bagian tepi dari mulut atau bibir cangkang (upper margin) yang kemudian tertinggal saat cangkang tubuh membesar.
Di antara semua jenis kerang, kima adalah salah satu kerang dengan bentuk dan ciri yang paling unik. Ukuran cangkangnya sangat besar dan berat, sehingga disebut kerang raksasa (giant clam). Mantelnya yang memiliki sistem sirkulasi khusus, menjadi tempat tinggal bagi zooxanthellae,  makhluk aneh separuh hewan dan separuh tumbuhan yang berbulu cambuk dari marga Symbidinium. Makhluk bersel tunggal ini, mampu menghasilkan makanannya sendiri, melalui proses fotosintesis dengan memanfaatkan karbondioksida, fosfat dan nitrat yang berasal dari sisa metabolisme kima.

Saat ini tercatat 10 jenis kima yang tersebar di perairan tropis di Samudera India dan Pasifik. Marga Tridacna meliputi 8 jenis dan marga Hippopus hanya terdiri dari 2 jenis. Indonesia merupakan daerah pusat penyebaran kima di dunia. Sebanyak 7 spesies kima dapat ditemukan di perairan nusantara. Tiga jenis lainnya termasuk jenis kima endemik yang tidak umum dan tersebar di luar Indonesia, yaitu: Kima Laut Merah, Kima Mauritius dan Kima Iblis/Tevoro dari Kepulauan Fiji dan Tonga. Sepuluh spesies kima yang ada di dunia, adalah:
Subgenus Tridacna (Chametrachea)
•    Tridacna costata Kima Laut Merah
•    Tridacna crocea Kima Lubang/Kunia
•    Tridacna maxima Kima Kecil (Small Giant Clam)
•    Tridacna rosewateri Kima Rosewater/Kima Mauritius
•    Tridacna squamosa Kima Sisik/Suling
Subgenus Tridacna (Tridacna)
•    Tridacna derasa Kima Selatan
•    Tridacna gigas Kima Raksasa
•    Tridacna tevoroa Kima Iblis/Kima Tevoro
•    Hippopus hippopus Kima Tapak Beruang/Kima Pasir
•    Hippopus porcellanus Kima Cina/Kima Porselen


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar